Rabu, 24 September 2014

budaya,makanan dan ciri khas NTT

A. Budaya, Makanan,dan Ciri khas Nusa Tenggara Timur.
1. Budaya
BUDAYA FLORES

Pulau ini dihuni oleh berbagai kelompok etnik yang hidup dalam komunitas-komunitas yang hampir eksklusif sifatnya. Masing-masing etnis menempati wilayah tertentu lengkap dengan pranata sosial budaya dan ideologi yang mengikat anggota masyarakatnya secara utuh (Barlow, 1989; Taum, 1997b). Heterogenitas penduduk Flores terlihat dalam sejarah asal-usul, suku, bahasa, filsafat dan pandangan dunia. Budaya Flores yang beraneka ragam juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Aneka tarian, lagu daerah, alat musik dan berbagai produk budaya lainnya merupakan kekayaan Flores yang menuntut warganya untuk selalu melestarikannya. Upacara-upacara adat yang unik juga dapat memberikan ciri khas bagi daerah Flores. Apabila potensi-potensi di bidang budaya ini dikembangkan, akan dapat memajukan dan meningkatkan perekonomian Flores di masa depan. Pembelajaran, pendalaman, pengembangan dan pelestarian terhadap budaya-budaya Flores harus mulai dilakukan sekarang, terutama oleh masyarakat Flores sendiri
Suku bangsa Flores dianggap merupakan percampuran etnis antara Melayu, Melanesia, dan Portugis. maka interaksi dengan kebudayaan Portugis terjadi dalam kebudayaan Flores, baik melalui Genetik, Agama, dan Budaya.

MINUM MOKE

Moke adalah minuman khas orang Flores. Ada moke putih dan hitam. Moke putih adalah nira hasil sadapan dari pohon lontar atau pohon enau. Moke putih akan manis rasanya bila wadah tampungan bersih. Biasanya bambu berukuran seruas dicuci bersih dan dikeringkan kemudian digantungkan pada ujung mayang yang telah dijepit atau dipukul-pukul kemudian dipotong ujungnya. Akan kelihatan ada cairan bening menetes dari ujung mayang. Itulah moke putih. Moke putih yang manis dapat dimasak dan dijadikan gula merah. Sedangkan moke putih yang diminum sebagai teman makan adalah moke yang ditampung dengan wadah bambu yang tidak bersih sehingga terjadi peragian. Dan rasa minuman agak pahit. Moke putih sejenis ini ada yang langsung diminum, tetapi lebih banyak digunakan untuk dimasak atau disuling dan menghasilkan moke hitam atau arak.
Moke hitam sesungguhnya tidak hitam. Warnanya seperti air putih dan agak kuning. Ini adalah hasil sulingan dari moke putih. Moke putih disuling di Kuwu tua (saung penyulingan tuak dalam bahasa Nagekeo).
Orang Flores selalu menikmati moke bila ada pesta. Tidak ada pesta tanpa tuak/moke. Tuak sudah menyatu dengan pesta. Makan daging tanpa tuak terasa hambar dan kekurangan. Tuak/moke membuat rasa komplit.


 NGADA/NAGEKEO

Masyarakat Nagekeo pendukung kebudayaan Paruwitu (kebudayaan berburu), masyarakat Soa pendukung Reba (kebudayaan tahun baru, pesta panen), Pendukung kebudayaan bertani dalam arti yang lebih luas ialah Ngadhu/Peo, terjadi pada sebagian kesatuan adat Nagekeo, Riung, Soa dan Ngada.


 1. Sambal Ikan Teri

Makanan Khas NTT – Nusa Tenggara Timur
Di daerah Ntt ikan teri cukup populer sehingga dijadikan makanan yang cukup familiar. Cara membuat makanan yang satu ini juga tidaklah susah. Pertama tama panaskan minyak lalu masukkan lengkuas dan daun jeruk kamudian masukkan ikan teri tambahkan garam lalu aduk hingga kering. Sebenarnya resep paten untuk membuat makanan ini tidak ada karena cara membuatnya bisa dikreasikan dan disesuaikan dengan selera masing masing.

2. Seafood

Seperti dijelaskan diatas bahwa provinsi ini terdiri dari pulau pulau tentu saja banyak warga di pesisir pantai yang berprofesi sebagai nelayan. Banyak makanan khas yang berbahan dasar hewan laut. Beberapa contohnya ialah Gurami asam manis lalu ada tongkol bakar. Saya pernah mencoba olahan ikan di daerah Manggarai dan saya yakin rasanya sangat enak bukan karena bumbunya. tapi karena ikan yang diperoleh masih segar dan rasanya berbeda dengan ikan yang sudah disimpan yang mmebuat rasanya lebih nikmat..

3.Tumisan

Selain itu daerah ini juga makanannya cukup banyak yang merupakan tumisan seperti plecing kangkung. Selain itu juga ada kuliner yang cukup unik yaitu tumis bunga pepaya. Saya yakin belum banyak yang pernah mencoba makanan khas yang satu ini. Rasanya cukup unik dahulu saya berberapa kali mencobanya dan saya jarang menemukan makanan yang rasanya hampir sama jadi makanan ini cukup unik.
Sumber : http://www.pegbintangkab.go.id/3-jajanan-khas-flores-yang-bikin-nagih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar